18 Ikan Cupang Hias Yang Mampu Anda Pelihara

  • Whatsapp


style=”display:block”
data-ad-client=”ca-pub-1880852781347592″
data-ad-slot=”9841760450″
data-ad-format=”auto”
data-full-width-responsive=”true”>

Bacaan Lainnya

Ikan Cupang merupakan ikan air tawar yang berasal dari beberapa negara asia tenggara mirip Malaysia, Indonesia, Singapura hingga Vietnam. Ikan satu ini termasuk dalam kategori ikan hias di Indonesia karena bentuk dan warnanya yang sangat bermacam-macam sehingga dirasa cocok menjadi perhiasan ruangan rumah.

Di Indonesia, Ikan cupang dibagi menjadi tiga golongan oleh masyarakat kita, sebagai Ikan hias, ikan aduan dan juga ikan liar, pada postingan ini kami akan konsentrasi terhadap kelompok hias saja ya. Oh ya di Indonesia sendiri ada loh ternyata ikan cupang aseli atau authentic, namanya Betta Channoides yang berasal dari kota Pampang provinsi Kalimantan Timur.

Ikan ini meskipun mempunyai penampilan yang sungguh apik, mereka ternyata memiliki ketahanan yang cukup baik loh, terbukti mereka bisa bertahan hidup dalam waktu yang sagat usang dalam volume air yang sedikit yang mana ini akan sukar dijalankan oleh ikan lain sebab akan ternyata aerator atau keadaan tanpa sirkulasi udara, wah andal ya ikan satu ini, agar kau makin kepincut yuk simak 18 jenis ikan cupang hias opsi Infobinatang.com :

Jenis-Jenis Ikan Hias

1. Ikan Cupang Halfmoon

Ikan cupang half moon

Yang satu ini paling mudah di jumpai di toko ikan guys, kenapa? sebab warnanya sangat manis, slayernya yang berukuran medium namun harganya cukup terjangkau, untuk perawatannya juga murah kok, makannya tidak ajaib bahwa yang satu ini sangat populer diantara yang lain.

Nama Halfmoon diambil dari ukuran slayernya yang membentang dari ekor hingga kepala si ikan sehingga menghasilkan efek mirip setengah bulan yang sangat bagus, sayangnya ukuran ikan ini sungguh kecil jadi keindahannya harus dilihat dari akrab agar esensinya mampu lebih maksimal.

Read More :  4 Langkah-Langkah Pengerjaan Aquarium Air Tawar Yang Benar

Harga Cupang Halfmoon
Standart : Rp 10.000
Warna Kombinasi : Rp 25.000
Fancy Koi : Rp 100.000

2. CrownTail

crown tail

Crowntail atau yang juga sering disebut selaku cupang serit ini mempunyai ciri khas pada bagia ekornya yang seolah mirip mahkota, hal tersebut juga yang menjadi argumentasi namanya crown tail, bedanya dengan halfmoon adalah bila halfmoon bentuk siripnya tidak terputus dan terkesan sarat , namun untuk crown tail lebih jarang jarang dan terlihat mirip sisir.

Harga Crown Tail
Standart : Rp 60.000
CrownTail warna kombinasi : Rp 200.000

3. Double Tail Beta Fish

ikan cupang double tail

Ciri utama dari ikan cupang double tail yakni bentuk siripnya yang terbelah menjadi dua bab dan seolah membentuk contoh “Love”, bisa dibilang jenis satu ini cukup langka jadi jangan terkejut ya bila harganya cukup tinggi.

Untuk jenis warna dan ukuran, jenis double tail ini bisa mencapai ukuran L sehingga lebih besar daripada halfmoon yang mayoritasnya hanya mencapai ukuran M saja.

Harga Double Tail Beta
Double tail standart : Rp 600.000
Double tail hias : Rp 900.000

4. ikan Cupang hias HMPK

ikan Cupang hias HMPK

HMPK adalah abreviasi dari Halfmoon dan Plakat, yang menarik yaitu jenis HMPK ternyata hasil dari perkawinan beda kategori alasannya berasal dari persilangan cupang hias dengan cupang aduan sehingga jikalau kita amati secara seksama sangat terlihat jelas bahwa struktur tubunya lebih dekat terhadap jenis plakat namun sirip dan warnanya cukup indah layaknya halfmoon.

Harga Ikan cupang hias HMPK
Giant HMPK Blue : Rp 75.000
HMPK Black Red Line avarat : Rp 250.000
HMPK Coper : Rp 50.000

Read More :  10 Jenis Ikan Arwana Yang Sering Dipelihara + Harga

5. Cupang Paradise / Macropodus opercularis

Macropodus opercularis cupang paradise

Marcropodus opercularis sangat banyak di persungaian sumatera dan kalimantan alasannya habitatnya memang banyak tersedia disana, ciri utama dari jenis ini yaitu siripnya yang tampak seperti kelimis dengan bab ekor yang sangat tipis dan terbagi menjadi dua cabang, ukuran dari cupang paradise terbilang juga cukup kecil tetapi kelebihannya yaitu mereka memiliki warna yang sangatlah bermacam-macam.

Harga Macropodus opercularis
Macropodus standart : Rp 15.000
Macropodus Kombinasi : Rp 40.000

6. Ikan Cupang Hias Fancy

ikan cupang hias fancy

Jenis cupang Fancy memiliki ciri khas dari teladan warna-nya yang sungguh beragam dan jarang dijumpai dijenis lain, contoh mirip gambar di atas ialah kombinasi dari biru, kuning dan merah yang saling berpadu dalam satu kesatuan yang sangatlah apik, ini yang menciptakan jenis fancy ini cukup mahal.

Harga Cupang Fancy
Jenis standart : Rp 75.000
Jenis Kombinasi warna : Rp 200.000

7. Ikan Surga

Siapa sangka warnanya yang putih dengan slayer yang sungguh besar dari ikan surga ternyata yakni ikan liar, ikan satu ini sangat terkenal di indonesia terutama pada kawasan bali, sumatera dan kalimantan.

Harga Ikan Surga : Rp 300.000

8. Ikan Cupang Emas

Ikan cupang emas memiliki nama latin Betta unimaculata, mempunyai ciri khas dari warnanya yang berwarna emas, slayer dari jenis ini cukup menonjol namun pada bagian ujung terdapat gradasi warna putih pada setiap bab ujung slayernya.

Haga Ikan Cupang Emas : Rp 100.000

9. Veil Tail Betta fish

Untuk yang satu ini tampilannya sangat mempesona sebab memiliki warna yang solid, kelebihan lainnya adalah warna slayernya yang berdimensi besar sehingga cukup unik dibandingkan dengan jenis lain.

Harga cupang Veiltail : Rp 75.000

Read More :  10 Jenis Ikan Air Tawar Yang Biasa Dimakan

10. Coccina Betta Fish

Coccina beta fish atau ikan cupang hias bangkok memiliki ciri khas warna merah yang cukup gelap, sisik yang cukup bercorak sampai ukuran badan yang cukup besar, di Indonesia sendiri jenis ini kurang popuper dibandingkan jenis halfmoon namun tidak ada salahnya jika kamu juga ingin memelihara jenis ini sebagai koleksimu dirumah.

Harga Coccina betta fish : Rp 200.000

11. Ikan cupang Slayer

ikan cupang slayer

Ikan Cupang Slayer merupakan jenis ikan cupang hias yang paling terkenal di Indonesia, kerap kali jenis ini juga dilombakan alasannya adalah variasinya yang cukup banyak dan juga menarik, ciri utama dari jenis ini ialah siripnya yang membentang panjang serta warnanya yang sangat elok, untuk mempunyai jenis ikan ini kamu setidaknya mesti merogoh kocek hingga :

Harga Ikan cupang slayer : Rp 50.000 – Rp 500.000

12. Ikan Cupang Plakat

Jenis plakat dikenal sebagai ikan cupang aduan karena sifatnya yang memang mudah untuk diadu, tetapi dikarenakan warna nya yang sungguh meawan, jenis plakat ini juga sering dijadikan sebagai ikan hias.

Harga Ikan Cupang Plakat : Rp 50.000

13. Spade Tail Betta Fish

Seperti dengan namanya spade tail yaitu ikan hias yang mempunyai bentuk sirip melancip, selain dari bentuk siripnya yang memang lancip, ikan satu ini juga memiliki ciri khas dimana warnanya sangatlah mencolok dan dominan.

14. Ikan Cupang Dumbo

ikan cupang dumbo ear

Jenis dumbo merupakan jenis dari cupang yang mempunyai ciri khas pada bab telinganya dimana terdapat sirip komplemen yang jikalau dilihat ukurannya juga tidak kecil, aku pribadi sangat mengagumi jenis ini sebab jenis ini berdasarkan saya paling enak untuk dilihat dikala sedang berada didalam aquarium.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *